Ketrampilan Interpersonal

Nama saya Yogia Gusti Yahya. Disini saya ingin menjelaskan atau lebihtepatnya menceritakan tentang pelajaran KI(ketrampilan Interpersonal) pertama yang saya peroleh. Saya mendapatkan pelajaran KI(Ketrampilan Interpersonal) pertama saya pada tanggal 31 Agustus 2010. Saya sangat terkejut sekali karena pembelajarannya tidak seperti yang saya kir. Saya kira proses belajarnya dilakukan di kelas ternyata tidak. Proses belajar nya di lakukan di luar kelas. Pertama-tama kami disuruh membuat kelompok-kelompok, dan masing-masing kelompok didampingi oleh satu kakak tingkat.

Cara membuat kelompok itu pun sangat unik yaitu pertama-tama kami disuruh memejamkan mata dan masing masing mahasiswa diberi sepucuk kertas bertuliskan nama-nama binatang. Setelah mata tertutup kami di beri pengarahan bahwa setelah membuka kertasnya kami diharuskan menirukan suara binatang yang dituliskan di kertas yang kami bawa itu sambil mencari siapa saja yang memndapat binatang yang sama, jadi kami bisa mengetahui anggota kelompok kami dengancara mencari suara yang sama seperti yang kami suarakan.

Kami dilarang membuka mata karena jika kami membuka mata maka dikhawatirkan sebelum Bapak dosen memberi aba-aba kami sudah tau siapa kelompok kami duluan. Kalau begitu jadinya maka kegiatan ini tidak ada manfaatnya. Sesudah bapak dosen memberi aba-aba kami pun langsung membuka mata dan melihat tulisan binatang apa yang kami pegang dan kemudian menirukan suara binatang itu. Suasana langsung gaduh ketika kami menirukan suara binatang yang ada dalam tulisan di kertas yang kami pegang.

Di kertas saya tertulis nama binatang katak, saya pun langsung menirukan suara katak sambil mencari siapa saja anggota kelompok saya. Sesudah saya menemukan anggota kelompok saya, kami langsung membentuk lingkaran. Sesudah itu kakak tingkat yang mendampingi kelompok kami langsung memberi arahan bahwa kami harus bermain lempar tangkap bola dan menentukan nama kelompok ,moto kelompok dan yel-yel. Yel-yel itu nanti akan ditampilkan di depan/panggung. Pertama-tama kami bermain lempar tangkap bola.

Cara bermain itu adalah mula-mula salah satu dari kami yang memegang bola itu menyebutkan nama setelah itu dia melemparkan bola itu kepada teman yang lain dan yang menerima bola itu harus mengucapkan terimakasih dengan menyebutkan nama yang melempar bola tadi dan mengatakan bahwa dia sudah menerima bolanya dan dia juga harus mengucapkan namanya dan melempar bolanya ke teman yang lain dengan menyebutkan nama yang akan dijukan seperti “terima kasih adi saya sudah menerima bolanya. Nama saya Rina saya ingin melempar bola itu kepada Tono”(kemudian Rina melempar bolanya) begitu seterusnya. Setelah selesai kami melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu menentukan nama ,motto,dan yel-yel kelompok kami. Kami berdiskusi dalam menentukan nama,motto dan yel-yel kelompok kami. Setelah waktu yang ditentukan kami berhasil menyepakati apa yang kami diskusikan walaupun untuk yel-yelnya masih belum maksimal.

Akhirnya tiba giliran untuk unjuk gigi di panggung dengan menampilkan yel-yel. Satu persatu kelompok maju ke depan panggung dan akhirnya tiba giliran kelompok kami untuk maju ke panggung. Awalnya kami sedikit gugup karena sebelum kelompok kami ada kelompok lain yang musiknya sama seperti kelompok kami. Mau tidak mau kami harus mengubah musik itu karena kami tidak mau disangka menyamai kelompok lain. Setelah di depan panggung kelompok kami langsung beraksi. Sempat ada kesalahan teknis di awal tetapi itu tidak terlalu mengganggu konsentrasi kelompok kami. Setelah selesai menampilkan yel-yel kami, satu persatu dari kami anggota kelompok kami menyebutkan nama mereka sendiri-sendiri. Setelah selesai menyebutkan nama kami pun langsung turun dari panggung dan melihat kelompok lain yang unjuk gigi di panggung. Kelompok lain pun juga sama meneyebutkan nama masing-masing anggotanya. Sesudah kegiatan itu selesai masih ada satu kegiatan lagi yaitu mencari informasi teman dengan mencatat nomor handphone dan alamatnya. masing-masing dari kami diberi selembar kertas dan kami disuruh menuliskan nama teman sesama maba sistem informasi kelas a dan b beserta nomor telepon dan alamatnya. kami di beri waktu beberapa menit dalam kegiatan itu.

Saat bapak dosen memberi aba-aba tanda kegiatan dimulai kami langsung cepat-cepat mencari data teman sebanyak-banyaknya karena waktu yang ditentukan terbatas.penilaian ditentukan dari hasil kerja kami, semakin banyakinformasi teman yang kita peroleh semaikn banyak pula nilainya. Setelah permainan itu selesai kami di perbolehkan pulang. Saya sangat senang dengan kegiatan pada hari itu. Saya rasa kegiatan itu banayak sekali manfaatnya. Pertama saat kami bermain lempar bola, banyak manfaat yang diambil dari permainan lempar bola. Manfaat yang pertama kami dilatih tanggung jawab.

Untuk Tanggung jawab, sebelum permainan di mulai kita diberi pengarahan oleh kakak pendamping, kita mengatakan mengerti, berarti kita harus mempertanggungjawabkan karena kita sudah bilang mengerti lalu saat teman kita melempar bola kepada kita kita harus tanggung jawab dengan menangkapnya. Jujur, dalam permainan ini kita di wajibkan mengatakan nama kita. Kalu kita mengatakan nama asli kita berarti kita telah bersikap jujur. Menghargai teman, dalam permainan ini kita dilatih untuk mengingat nama teman bila kita dapat mengingat nama teman itu berarti kita telah menghargai teman itu karena saat teman itu mengucapkan namanya kita memperhatikan. Yang terakhir mengenal teman. Dengan berarkhirnya permainan ini kita bisa mengenal teman yang sebelumnya kita belum kenal.

Yang kedua saat kami menentukan nama,motto,yel-yel kelompok dan tampil di panggung. Dalam kegiatan itu bahkan lebih banyak manfaat yang dapat kita ambil. Yang pertama pada saat kita menentukan nama,motto,yel-yel kelompok kita dilatih belajar berdiskusi dan bekerja sama. Kalau kita terbiasa berdiskusi kita akan mudah dalam menyelesaikan tugas berkelompok. Selain itu dalam kegiatan ini kita dibiasakan menghargai pendapat orang lain. Jika kita menghargai pendapat orang lain maka orang lain juga akan menghargai pendapat kita. Manfaat lain yang kita peroleh adalah saat kita berdiskusi membuat yel-yel kita di latih menggali kreativitas kita dan mendiskusikan ide yang kita peroleh.

Manfaat yang terakhir adalah saat kita tampil di panggung ada yang belum terbiasa. Saat itu kita akan belajar bagaimana bersikap di hadapan umum. Kegiatan yang terakhir adalah mencari teman. Dalam kegiatan itu kita juga bisa mengambil manfaatnya lho. Yang pertama kita dilatih jujur. Kita harus mengatakan nama,alamat,dan nomer handphone kita yang sebenarnya. Jika kita tidak mengatakan nama,alamat, dan nomor handphone kita yang sebenarnya maka kita berarti tidak jujur. Manfaat yang kedua kita belajar menghargai orang lain. Jika ada teman yang bertanya nama,alamat, dan nomor handphone kepada kita dan kita tidak merespons sedikitpun maka kita tidak menghargai teman itu. Meskipun waktu yang diberikan sangat sedikit tetapi setidak-tidaknya kita harus menjawab pertanyaan seorang teman yang bertanya tadi. Kita harus berpikir apa jadinya jika kita bertanya tidak ada satu orang pun teman yang menjawab. Sekian itu pengalaman yang bisa saya ceritakan. Terima kasih

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar