Menulis Yang Baik

Sejak kecil kita sudah di ajari untuk menulis. Meski saat itu tidak terbayang sama sekali cita-cita untuk berkarir menjadi seorang penulis. Seiring berjalannya waktu, kita baru paham dan sadar bahwa menjadi penulis itu sangatlah menjanjikan dan membahagiakan. Bagamana tidak, dijaman yang arus informasi terus membanjiri sedemikian dahsyat, peran penulis sangatlah vital. Kebutuhan akan seorang penulis akan terus meningkat.


Jadi, pertanyaanya sekarang adalah:
Bagaimana caranya agar tulisan kita tersusun rapi, tersistamatis, tidak loncat-loncat dan mampu membuat si pembaca merasa nyaman dan paham.

Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa menulis itu merupakan kegiatan yang sulit dilakukan. Terkadang mereka memiliki banyak ide didalam kepala, tetapi tidak dapat menerjemahkannya ke dalam sebuah tulisan. Apakah sobat masuk kategori seperti ini...?????? Kalau jawabannya Ya, mari kita sama-sama belajar dan berbagi tips. Membaca postingan ini sampai selesai. Dan sejujurya, tips menulis berikut ini belum sepenuhnya saiia praktekkan. Tulisan-tulisanku juga masih jauh dari anggapan "Enak dibaca".
Oke, mari kita lanjutkan.

Menulis memang bukan perkara mudah. Banyak orang menganggap menulis itu mudah. Banyak kalangan yang memberikan trik-trik menulis dengan mudah. Padahal belum tentu tulisannya dapat mudah dipahami oleh orang lain (pembaca). Sebab, salah satu syarat bagus atau tidaknya tulisan adalah ketika tulisan kita dibaca dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan cara rajin membaca artikel atau berbagai macam buku sumber bacaan, terutama yang berhubungan dengan topik yang akan ditulis. Semakin rajin membaca buku, maka pengetahuan dan konsep tentang sebuah topik akan semakin luas dan dalam. Buka-Buku-Baca-Bisa.

Setelah itu, kita dapat membuat semacam kerangka tulisan. Hal ini dilakukan agar tulisan tersusun dengan baik. Selain itu, sebaiknya kita tidak menulis secara bertele-tele. Pastikan tulisan kita singkat, padat, dan jelas.

Jangan lupa juga menggunakan tanda baca dan jeda antar paragraph yang tepat. Jangan sampai menulis sebuah paragraf tanpa ada tanda baca seperti titik atau membuat satu paragraf yang terdiri dari kalimat yang sangat banyak.

Agar tulisan kita berhasil menarik perhatian pembaca, ada baiknya kita memberikan judul yang menarik perhatian. Namun yang perlu diingat, jangan sampai judul yang dibuat terkesan terlalu berlebihan. Sebab, kita harus mempertanggungjawabkan dengan isi tulisan nantinya.

Jangan lupa juga untuk membuat paragraf pembuka (lead) yang menarik. Lead yang menarik adalah lead yang berisi informasi inti dari tulisan yang akan kita bahas.

Lebih baik lagi jika lead yang kita buat berisi informasi atau fakta yang menarik atau bahkan mencengangkan.

Terakhir, sebelum tulisan dipublish dan dibaca orang lain, sebaiknya kita membaca kembali tulisan tersebut. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan kesalahan tulisan dan bertanya kepada diri sendiri, apakah tulisan tersebut layak dan enak dibaca?
Demikian tips-tips yang sederhana.
Dan selamat menulis.......

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar